Supaya nggak bingung-bingung lagi, Hipwee akan membahas seputar surat tersebut, beserta cara pengajuan dan contoh dokumennya. Langsung simak di bawah ini, ya!
1. Surat referensi kerja dari perusahaan bisa menjadi bukti keahlian dan kinerjamu selama ini. Alhasil, kamu punya nilai plus di perusahaan tujuan
Mungkin sebagian masih bertanya surat referensi kerja itu apa? Surat referensi kerja adalah berkas yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menerangkan mengenai perilaku dan kinerja seseorang dalam jangka waktu tertentu. Surat ini nantinya bisa menjadi bukti bahwa mereka sangat direkomendasikan oleh perusahaan sebelumnya.
Perbedaan surat referensi kerja dan paklaring terletak pada isinya, jika paklaring hanya menerangkan perihal posisi, jabatan dan masa waktu bekerja. Surat referensi lebih mendetail, biasanya dijabarkan penilaian dari atasan langsung baik sifatnya mengutarakan kelebihan ataupun kekurangan.
2. Selain bisa digunakan untuk melamar pekerjaan, surat referensi kerja juga menerangkan bahwa orang bersangkutan telah resign secara baik-baik
Memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan memang ada sisi positif dan negatifnya. Namun, mesti diingat bahwa kamu masuk secara baik-baik jadi keluar pun harus demikian. Salah satu bukti yang bisa menerangkannya, ya dari surat referensi yang satu ini.
Surat referensi kerja bukan hanya dipakai untuk melamar, melainkan bisa sebagai syarat administratif, bukti pengalaman bekerja, keperluan perbankan, hingga menjabarkan kinerja positifmu selama di perusahaan. Sering luput karena kurangnya informasi, fresh graduate bukan hanya memerhatikan cara membuat CV yang baik lo, tetapi juga bisa mendapatkan surat yang satu ini dengan beberapa syarat.
3. Sosok yang bisa dijadikan referensi untuk pekerja pun nggak sembarangan. Kenali kriterinya yuk, termasuk untuk kamu fresh graduate!
Masih banyak yang mempersoalkan surat referensi kerja apakah sama dengan paklaring, jawabannya tentu berbeda ya. Paklaring atau keterangan bekerja merupakan hak karyawan usai jabatannya berakhir dan diatur dalam Undang-Undang, sedangkan surat referensi dibuat secara khusus atas suatu kinerja.
Bagi kamu yang memutuskan untuk pindah ke perusahaan lain, bisa mengajukan surat ini ke atasan atau manajer, rekan kerja, atau teman. Namun, perlu diperhatikan bahwa sosok tersebut benar-benar tahu bagaimana pekerjaanmu sehari-hari, paling direkomendasikan untuk mengajukan ke atasan.
Bagi lulusan baru pun tak perlu khawatir. Selama magang, tentu kamu mempunyai penanggung jawab. Nah, dari sinilah, kerjakan semua tugas dengan baik dan sepenuh hati. Pahami etika hingga tak sungkan untuk menyampaikan ide baru. Bukan tak mungkin, justru atasanmu yang menawarkan surat referensi, lo. Kamu juga bisa mengajukannya ke dosen pengajar ataupun surat referensi kerja dari teman.
4. Tak semua yang ingin kamu jadikan referensi punya waktu luang, mereka pun perlu waktu untuk berpikir. Tetap sopan, kamu bisa mengajukannya lewat email
Meminta surat referensi kerja untuk fresh graduate atau berpengalaman bisa melalui email. Berikut poin pentingnya:
- Pengantar yang menjelaskan alasan kebutuhanmu akan referensi.
- Pengingat singkat tentang waktu kamu kuliah, masuk kerja, posisi, kontribusi unik yang telah diberikan.
- Tenggat waktu untuk menyerahkan referensi.
- Ucapan terima kasih atas waktu yang telah diberikan hingga ketersediaan untuk membantu menjadi referensi.
- Kontakmu secara jelas.
Kalau hubunganmu dengan calon referensi sudah dekat, tak masalah untuk menghubungi secara langsung lewat telepon. Pasalnya beberapa recruiter akan menghubungi kontak referensi secara langsung. Oleh karena itu, dari awal usahakan sudah meminta persetujuan kepada sosok terakait. Nah, berikut permohonan surat referensi kerja bahasa Inggris yang bisa kamu ikuti.
5. Penyusunan struktur dalam surat referensi pun punya panduan, pemberi keterangan tak ikut bertanggung jawab di kemudian hari jika sikap karyawannya berbeda
Sifat keterangan dalam surat referensi adalah rahasia, karena biasanya diminta oleh pihak lain tanpa sepengetahuan pihak yang diterangkan. Maka penulis pun harus bisa menuliskan keadaan secara sejujur-jujurnya. Beberapa struktur penyusunan dalam surat referensi kerja, diantaranya:
- Kop surat yang berisi nama, alamat, dan nomor telepon perusahaan
- Perihal surat
- Isi surat yang berisikan biodata (nama, posisi, nomor jabatan dari pembuat surat dan karyawan, lama waktu bekerja berserta penilaian)
- Penutup
- Pengesahan (tempat, tanggal dibuatnya surat, tanda tangan serta nama lengkap).
6. Jika aturan di atas sudah dipahami, berikut ini contoh surat referensi kerja doc dalam berbagai bidang yang mungkin kamu butuhkan
Surat referensi kerja word atau surat referensi kerja pdf sebenarnya sama aja, yang terpenting isinya. Kamu bisa cek di bawah ini.
Surat referensi kerja proyek
Surat referensi kerja untuk Editor
Surat referensi kerja untuk bank
7. Sebab sifatnya yang berdasarkan kepercayaan dan fakta di lapangan, jangan sampai disalahgunakan, ya. Pakailah sesuai keperluan
Surat referensi kerja sama artinya seperti hubungan yang kamu buat dengan perusahaan dan koleganya. Diberikan surat rekomendasi tersebut, kamu pun berarti dipercaya. Jangan sampai disalahgunakan untuk keperluan yang tak semestinya. Pada dasarnya, referensi kerja menjadi sarana bagi perusahaan untuk meyakinkan bahwa kamu adalah orang yang cocok untuk direkrut. Itu dia penjelasannya, semoga bermanfaat!
Leave A Comment
You must be logged in to post a comment.