Apakah Anda mahasiswa sudah memiliki akun Linkedin? Mari kita cari tahu bersama bagaimana akun Linkedin akan memberi Anda peluang kerja dan karir, hehehe. Ya, LinkedIn semakin populer di kalangan milenial di negara ini. Jaringan dengan mudah dengan rekan profesional di seluruh dunia. Anda dapat mengunduhnya di Linkedin! Mencari pekerjaan di LinkedIn, apakah mungkin? Linkedin dapat membawa manfaat besar bagi kesuksesan karir Anda. Jika Anda mau dan dapat memanfaatkannya. Faktanya, Linkedin tidak hanya sebagai platform untuk mencari pekerjaan, tetapi juga dapat digunakan sebagai cara untuk meningkatkan jaringan. Platform ini berguna untuk pengembangan karir, mencari mentor karir bahkan menambah pertemanan antar negara. Ini benar-benar lengkap! Singkatnya, di balik semua ini, mengapa Anda harus memaksimalkan akun Linkedin Anda? Coba lihat, para pecinta karir!

Berikut adalah 7 tips untuk memaksimalkan akun Linkedin Anda:

1. Jadikan profil Anda terlihat profesional
Agar terlihat profesional, Anda harus mengisi semua kolom di akun LinkedIn Anda seperti di bagian:

Gambar profil yang menarik
Instal gambar profil yang terlihat normal. Tapi tetaplah profesional untuk membuat kesan yang baik pada atasan dan teman-teman.
Profil Judul Efektif
Judul adalah ringkasan yang berisi informasi tentang diri Anda saat itu.
Tip: Tulis judul dengan kata kunci yang menunjukkan minat atau keahlian Anda di suatu bidang.
Sertakan rangkuman diri Anda, ya!
Ringkasan di profil LinkedIn Anda dapat menjelaskan kepribadian Anda.
Apa yang telah Anda capai sejauh ini, serta informasi lain yang menonjolkan kualitas Anda.
Tip: Gunakan frasa bercerita, keterampilan, dan tambahkan terminologi industri kata kunci.

2. Lengkapi semua bagian dari aplikasi Anda
Hei, akun Linkedin mana yang masih kosong, yaitu belum mengisi semua bagian? Teman, tahukah Anda?
Anda harus menyelesaikan bagian ini agar atasan atau rekan kerja mengetahui kekuatan Anda.

Riwayat Pendidikan
Tak kalah pentingnya adalah daftar riwayat pendidikan di LinkedIn, lho. Anda dapat menunjukkan pelatihan terakhir Anda.
Misalnya, ketika Anda sedang mengejar gelar Sarjana (S1), sertakan Sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA).

Keterampilan & Portofolio / CV
Bagian ini, kamu harus benar-benar memanfaatkannya dengan baik ya sobat! Tuliskan keterampilan yang Anda miliki dan lampirkan portofolio Anda dan lanjutkan ke profil akun LinkedIn Anda. Ini akan memudahkan pemberi kerja untuk melihat potensi Anda!
Prestasi (Pencapaian)
Tip: Lengkapi beberapa bagian di bagian Prestasi, yaitu Publikasi, Paten, Kursus, Proyek, Penghargaan & Penghargaan, Hasil Tes, Bahasa, Institusi. Jangan khawatir, jika Anda tidak memiliki pencapaian di semua bagian ini, Anda hanya perlu menyelesaikan bagian tertentu.
Tapi tentunya harus meningkatkan prestasi dan pengalaman agar bisa tampil di Linkedin ya.

3. Mulai networking dengan teman baru
Jika profil LinkedIn Anda terlihat bagus, inilah saatnya untuk mencari koneksi yang memiliki minat karir yang sama dengan Anda.
Ingin membangun hubungan yang baik? Siapkan 2 hal berikut:

Pahami, siapa orang yang tepat dengan siapa kita bisa menjalin hubungan baik
Pikirkan, bagaimana menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Tip: Saat Anda ingin terhubung dengan teman, gunakan frasa agar permintaan koneksi Anda diterima oleh orang lain, OK!

4. Buat konten khusus
Konten yang Anda posting di LinkedIn dapat berdampak positif pada karir masa depan Anda. Tidak hanya itu lho, postingan Anda juga akan meningkatkan engagement di profil LinkedIn Anda. Tip: Posting apa saja, konten yang terkait dengan bidang minat Anda.

5. Mintalah rekomendasi rekan profesional Anda
Penting untuk ditekankan! Ya, apalagi kalau bukan rekomendasi atau testimoni. Anda bisa meminta saran dari kolega, manajer, atau bahkan guru Anda sendiri, lho. Kumpulkan sebanyak mungkin rekomendasi/testimonial dari orang-orang tersayang. Alasannya adalah bahwa hal itu akan meningkatkan kredibilitas Anda di mata majikan.

6. Gunakan pencarian lanjutan
Fitur Pencarian Lanjutan LinkedIn dapat membuat pencarian Anda di platform LinkedIn lebih efisien. Pencarian Lanjutan menyediakan opsi pemfilteran untuk membuat pencarian Anda lebih tepat dan akurat. Meskipun hanya tersedia jika Anda menggunakan akun LinkedIn Premium. Namun, fitur ini paling baik untuk mencari rekan kerja dan mencari pekerjaan.

7. Mulai tetap terhubung

Manfaatkan grup Linkedin Anda
Pernahkah Anda bergabung dengan grup di LinkedIn? Jika belum, sekarang saatnya untuk mulai mendaftar, OK! Bergabung dengan beberapa grup di Linkedin memiliki banyak keuntungan. Anda dapat bertemu banyak orang dengan pengalaman, pekerjaan, dan minat yang sama. Ini cara yang efektif untuk meningkatkan koneksi Anda, Anda tahu.

Maksimalkan URL publik
Pada dasarnya, akun Linkedin menyediakan URL publik yang panjang dan acak.
Eits, tenang sobat. Ajaibnya, Linkedin memiliki fitur untuk mengubah URL afiliasi berdasarkan nama Anda sendiri. Itu membuatnya lebih profesional. Bagaimana melakukan? Check out:
– Klik Privasi dan Pengaturan
– Kemudian cari Edit Profil Publik
– Kemudian edit URL publik Anda di pojok kanan atas
Taraa… Auto URL Profil akun LinkedIn Anda telah diperbarui. Sinkronisasi dengan email Ingatlah untuk selalu menghubungkan akun Linkedin Anda ke email Anda, OK! Ini berguna jika Anda ingin mengirim pesan ke rekan kerja. Anda dapat menyimpan kontak mantan rekan kerja melalui email.

Memanfaatkan Cerita Linkedin
Terakhir, jangan lupa untuk melibatkan koneksi Anda! Ya, Anda harus menggunakan fitur Cerita Linkedin dari waktu ke waktu untuk meningkatkan keterlibatan saya di profil LinkedIn Anda.

Jadi bagaimana kabarmu? Siap menerima tawaran pekerjaan melalui akun LinkedIn Anda?
Sekarang, maksimalkan profil LinkedIn Anda secara instan dengan 7 tips memaksimalkan Linkedin yang Anda baca di atas!
Semoga bermanfaat bagi Anda, para pecinta karir!

sumber : https://ruangmahasiswa.com/info/memaksimalkan-akun-linkedin-agar-mendapat-pekerjaan/