Sebagai makhluk sosial, kita senantiasa mencoba untuk selalu maju dan terdepan. Keinginan untuk selalu mengetahui bahkan mengikuti trend yang ada sepertinya sudahlah tertanam di diri kita sebagai seorang manusia. Wajar jika kita selalu mencari cara untuk mengembangkan diri kita agar tidak tertinggal oleh makhluk sosial lainnya.

Berikut tips untuk mengembangkan diri agar menjadi individu yang lebih baik;

1.  Mencari dan memanfaatkan potensi di dalam diri

assertivconsulting.com

assertivconsulting.com

Setiap orang memiliki potensi atau bakat dan kemampuan yang berbeda-beda, tidak semua orang dapat menjadi pilot, mungkin saja karena orang tersebut memiliki kemampuannya di bidang memasak, begitupun juga sebaliknya.

Mencari potensi yang ada didalam diri terasa sangat penting, ketika kita mengetahui hal-hal yang dapat kita kuasai, maka jalan kehidupan kedepannya akan lebih mudah dan enjoy untuk dijalani.

 

2. Memotivasi diri

assertivconsulting.com

assertivconsulting.com

Ketika kita sudah mengetahui kemampuan diri kita untuk melakukan suatu hal, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui apa yang dapat membuat kita untuk terus melakukan hal tersebut (motivasi). Apabila kita hanya memiliki keinginan semata tanpa memiliki fondasi kokoh untuk terus melakukan suatu hal, maka keberhasilan akan sulit diraih.

 

3.  Memiliki jiwa penasaran

assertivconsulting.com

assertivconsulting.com

Comfort Zone  memang sangatlah enak, hidup yang tentram tanpa tantangan baru terdengar sangat enjoyable. Namun, apabila kita hanya stay disatu titik, maka akan sulit bagi kita untuk maju. Sedangkan dunia ini selalu terus maju dan menghasilkan hal-hal baru, dengan memiliki jiwa penasaran yang tinggi maka kita akan senantiasa mencari tau hal-hal baru sehingga tidak tertinggal dari orang lain.

 

4. Menerima kritik dan saran

Kritik dan saran menjadi penyemangat dikarenakan kedua hal tersebut datang dari perspective lain, sudut pandang pemikiran yang lain. Menerima kritik dan saran dengan lapang dada akan membantu kita untuk membenahi kesalahan yang kita lakukan dan memiliki kesempatan hidup yang maju dan tidak tertinggal.