Halo mahasiswa STIKI Malang. Linkedin sering digunakan untuk mencari pekerjaan. Tidak hanya lulusan baru tetapi juga mahasiswa dapat menggunakan LinkedIn untuk mencari pekerjaan paruh waktu atau magang. Sebenarnya, membuat akun untuk menyusun profil Linkedin sangat sederhana. Namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui cara menatanya. Oleh karena itu, mimin disini akan membantu Anda membuat profil di LinkedIn. Pelajari lebih lanjut di bawah ini.

Menggunakan Foto yang Layak

Foto adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Karena perekrut akan melihat gambar profil Anda sebagai kesan pertama. Oleh karena itu, gunakan foto yang sesuai saat menyusun profil LinkedIn Anda. Sampai batas tertentu, siswa dapat menggunakan foto berkualitas tinggi. Dengan demikian, kemungkinan besar resume Anda akan dikunjungi oleh banyak perusahaan. Jangan lupa sertakan foto dengan pakaian yang rapi.

Menulis Headline yang Informatif

Bahkan judul pada resume membuat kesan pertama pada orang yang dipekerjakan. Dalam hal ini, headline yang dimaksud adalah pernyataan atau slogan profesional yang ditulis secara ringkas dan menarik. Untuk menyusunnya, dapatkah Anda menjelaskan secara singkat manfaat, minat, dan tujuan melamar pekerjaan. Jika bingung, siswa dapat merujuk ke profil LinkedIn orang lain atau senior untuk referensi.

Mengembangkan Rangkuman Professional

Selain itu, siswa dapat membuat kalimat rangkuman yang berisi penjelasan individu. Bahkan ringkasan yang dibuat hanya singkat, tetapi menunjukkan kepercayaan diri dan kualifikasinya. Untuk mendukung hal tersebut, Anda bisa menyertakan pengalaman mengikuti organisasi atau kegiatan lain.

Mencantumkan pendidikan

Saat membuat profil LinkedIn, sangat penting untuk menyertakan riwayat pendidikan. Pertimbangkan bahwa situs ini adalah tempat yang tepat untuk menampilkan pencapaian atau pengalaman Anda. Siswa juga dapat melampirkan nilai IPK atau tes lain yang diambil.

Mengumpulkan Rekomendasi

Susun profil LinkedIn yang baik, lengkap dengan endorsement yang dapat menginformasikan pendapat orang lain tentang kemampuan Anda. Dalam hal ini, siswa dapat meminta dan mengumpulkan rekomendasi dari teman terdekat mereka tentang pekerjaan Anda. Seringkali, pemberi kerja akan tertarik dengan referensi dari atasan atau influencer ketika Anda bergabung dengan suatu organisasi atau ketika Anda sudah memiliki pekerjaan.

Bagikan Karya Anda Terakhir

Jika Anda memiliki minat tertentu, Anda dapat membagikan pekerjaan Anda di LinkedIn. Ini sangat berguna untuk membantu profil Anda mendapatkan lebih banyak pengunjung dan tertarik dengan pekerjaan itu. Dalam hal ini, karya yang dapat Anda lampirkan adalah gambar, artikel, dll. Saya harap ulasan ini akan membantu Anda. Jangan lupa untuk selalu mengikuti berita siswa dan konferensi, dan tetap aktifkan notifikasi. Sampai jumpa lagi.

Sumber : https://zonamahasiswa.id/masih-bingung-cara-menyusun-profil-linkedin-ini-6-tips-jitu-buat-mahasiswa/