Semua orang ingin diundang untuk wawancara. Apakah kamu lulusan baru atau experience, kamu dijamin merasakan hal yang sama ketika perusahaan merespons lamaran Kamu. Bedanya, lulusan baru ingin segera mencari pekerjaan. Akibatnya, kamu sering lupa membiasakan diri dengan perusahaan yang kamu cari sebelum melamar, seperti mencari tahu dan mengenal perusahaan yang dituju.
Bahkan, meskipun kamu adalah lulusan baru, kamu perlu menemukan dan memahami perusahaan yang akan kamu tuju dengan mencari informasi penting seperti visi dan misi perusahaan, bagaimana perusahaan memperlakukan orang. Hal ini sangat penting untuk diketahui karena mempengaruhi kenyamanan tempat kerja dan peluang untuk pertumbuhan profesional dan pribadi.
Untuk memperjelas, berikut adalah empat hal penting yang perlu kamu ketahui sebelum mengirimkan lamaran pekerjaanmu.
1. Cari pekerjaan di industri yang sedang berkembang dan lamar berdasarkan passion dan keahlian kamu. Pilihlah bidang atau posisi yang paling bisa kamu sumbangkan.
Bekerja di industri yang sesuai dengan latar belakang akademis adalah impian setiap fresh graduate. Namun, jika industri yang sesuai dengan latar belakang akademismu tidak terlalu menjanjikan untuk karir selanjutnya, taruhan terbaiknya adalah melamar posisi di industri yang sedang berkembang. Untuk melakukan ini, kamu perlu mengetahui industri mana yang saat ini menawarkan peluang karir yang bagus, tergantung pada keahlian kamu.
Sebagai generasi dengan keterampilan yang berbeda, tidak masalah untuk bekerja di industri lain yang sebelumnya berpendidikan. Ilmu yang didapat dari bangku kuliah diperlukan bagi semua perusahaan.
Setelah kamu menemukan industri yang tepat, kamu perlu memilih area atau posisi yang akan memaksimalkan kontribusimu kepada perusahaan. Masa depan profesional kamu ditentukan tidak hanya oleh industri, tetapi juga oleh pencapaian dan kontribusimu. Untuk ini, Kamu dapat memilih area yang sesuai dengan passion dan keterampilan Kamu. Performa terbaik hanya dapat dicapai ketika kamu menikmati dan melakukan sesuatu yang sesuai dengan keahlian kamu.
2. Selanjutnya, pahami visi, misi, strategi, nilai dan budaya perusahaan.
Setelah kamu memilih perusahaan target, kamu perlu mengetahui visi, misi, dan nilai perusahaan Kamu. Hal ini penting karena kamu dapat melihat tujuan perusahaan kamu melalui visi. Sementara itu, melalui misi dan strategi, kamu dapat melihat bagaimana perusahaan mencapai tujuan/visinya.
Selain visi, misi, dan strategi, kamu juga perlu mengetahui nilai dan budaya perusahaan. Nilai yang dimaksud adalah nilai yang berakar dalam dan diadaptasi oleh manajemen dan karyawan sebagai panduan untuk pekerjaan mereka. Mengetahui nilai ini penting untuk memastikan bahwa nilai perusahaanmu sesuai dengan nilai yang kamu miliki.
Nilai perusahaan menjadi budaya dalam jangka panjang. Melalui budaya ini, kita juga mempelajari hal-hal penting seperti bagaimana karyawan perusahaan melakukan proyek dan pekerjaan, dan bagaimana mereka harus bersikap ketika mendapatkan pekerjaan nanti.
Untuk mempelajari budaya perusahaan, kunjungi situs web resmi atau media sosial perusahaan. Sebagai aturan umum, setiap perusahaan sudah memiliki saluran informasi untuk kegiatan perusahaan, langkah-langkah pengembangan karyawan, dan kegiatan di luar jam kerja.
3. Cari tahu bagaimana lingkungan kerja perusahaan yang kamu tuju dapat membantu karyawan memberikan kontribusi yang signifikan.
Karena erat kaitannya dengan budaya, kita juga perlu mengetahui seperti apa lingkungan kerja, termasuk lingkungan fisik dan sosial perusahaan. Untuk lebih memahami apa itu lingkungan kerja, pertama-tama kamu bisa memperhatikan apa yang terjadi di sekitar saat karyawan bekerja.
Selanjutnya, kamu perlu mengetahui seperti apa lingkungan kerja non-fisik. Ini mencakup seluruh hubungan kerja, mulai dari hubungan karyawan-manajer, hubungan karyawan – karw hingga metode dan pengaturan kerja yang ditetapkan perusahaan.
Lingkungan kerja fisik dan non fisik berpengaruh signifikan terhadap kinerja dan produktivitas karyawan. Misalnya, lingkungan fisik yang bersih dan nyaman berguna untuk mendukung bekerja di kantor.
4. Cek nilai tambah yang diberikan perusahaan agar karyawan dapat berkembang secara profesional dan personal.
Semua perusahaan ingin karyawannya memberikan kontribusi yang signifikan. Di sisi lain, seluruh karyawan di perusahaan ingin terus berkembang, baik secara profesional maupun pribadi. Dalam hal ini, perusahaan idealnya memberikan nilai tambah, seperti program pelatihan khusus yang membantu karyawan mengembangkan keterampilan mereka sebagai imbalan atas kontribusi mereka. Untuk melakukan ini, kamu perlu menemukan nilai tambah yang diberikan perusahaan agar kamu dapat berkembang lebih jauh.
4 hal diatas wajib kamu ketahui agar kamu dapat bekerja dengan maksimal di perusahaan yang kamu tuju. Sekian dan terima kasih.
sumber : https://www.hipwee.com/sukses/4-hal-yang-perlu-diriset-dari-perusahaan-sebelum-lamar-pekerjaan/
Leave A Comment
You must be logged in to post a comment.