Banyak mahasiswa baru yang kaget dengan lingkungan kampus yang sangat berbeda sekali dengan apa yang dirasakan saat di SMA dulu. Sebagian maba mungkin belum mengetahui perbedaan kuliah dengan SMA sehingga maba tersebut masih bingung dengan budaya kampus sendiri. Oleh karena itu, di dalam artikel ini penulis akan memberitahukan beberapa perbedaan kuliah dengan SMA:

1) Hidup Mandiri

Pada saat kita menjadi mahasiswa salah satu yang pertama kali kita akan siapkan adalah hidup mandiri terutama bagi mahasiswa yang merantau karena kita tidak akan bisa ketergantungan dengan orang lain. Kita harus bisa mengatur hidup kita di kota orang sehingga kita bisa menghadapi apa yang dialami oleh kita hari ini atau esok hari. Sedangkan SMA kita masih ketergantungan oleh orang tua kita.

2) Manajemen Waktu

Disiplin adalah kata kunci kita belajar dalam hidup mandiri, salah satunya adalah disiplin waktu. Sebagai mahasiswa kita dibebaskan begitu saja oleh kampus untuk berkreatif sehingga mahasiswa tidak hanya belajar dikelas saja. Contohnya seperti, mahasiswa yang berorganisasi harus bisa memanajamen waktu untuk rapat dan waktu untuk mengerjakan tugas.  Sedangkan SMA kita hanya belajar di kelas saja kemudian pulang kerumah.

3) Manajemen Uang

Selain manajamen waktu yang tidak kalah penting juga adalah masalah finansial terutama bagi mahasiswa perantau yang harus bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan yang harus dibeli. Sedangkan SMA kita biasa dikasih uang perhari sehingga tidak memikirkan kebutuhan hari esok.

4) Lingkungan Sekitar Berubah

Pada saat dikampus kita akan bertemu mahasiswa lainnya dari berbagai daerah di Indonesia dan berbagai latar belakang dari mereka sehingga kita harus bisa untuk mulai lagi beradaptasi agar kita bisa dengan terasa nyaman berada di kampus. Sedangkan SMA kita hanya bertemu teman sebaya kita di sekolah dan dilingkungan dirumah sekitar kita saja.

5) Pergaulan

Dari lingkungan yang baru tersebut membuat mahasiswa juga harus bisa memilih mana pergaulan yang baik dan buruk agar tidak salah langkah untuk kedepannya. kembali ke awal kita tidak boleh ketergantungan oleh orang lain dan harus belajar hidup mandiri karena kita tidak langsung dipantau oleh orang tua “sedikit bebas”. Sedangkan perbedaan dari SMA sama hanya saja masih dipantau oleh orang tua secara intensif.

6) Penampilan

Pada saat kuliah mahasiswa diperbolehkan menggunakan pakaian bebas sopan sehingga banyak mahasiswa yang gayanya fashionable. Sedangkan SMA tidak boleh menggunakan pakaian bebas dan harus menggunakan seragam.

7) Etika

Banyak orang yang menilai etika itu dilihat dari penampilannya. Terlepas dari itu, jika sudah menjadi mahasiswa etika terhadap yang lebih tua itu harus lebih sopan. Seperti contoh mahasiswa yang bertemu dengan dosen, kita harus beradab dalam pembicaraan maupun tingkah laku kita dan ini juga berlaku dilingkungan sekitar kita. Sedangkan SMA kita masih saja kadang suka melawan pembicaraan guru atau masih saja bodoamat terhadap lingkungan sekitar kita.

8) Pola Belajar

Dalam sistem belajar di perkuliahan kita bebaskan untuk mencari materi pembelajaran sendiri. Diperkuliahan ini mahasiswa tidak hanya untuk belajar dikelas saja tetapi banyak pembelajaran di luar kelas seperti internet, seminar, dan diskusi organisasi.  Sedangkan SMA kita hanya terpaku di dalam kelas saja yang disuapi pembelajarannya oleh guru lalu jika sudah selesai jam pembelajaran langsung pulang ke rumah, meskipun ada juga beberapa siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler.

9) Pola Pikir

Setelah kita belajar dan mendapatkan ilmu yang telah kita pelajari pola pikir akan berubah juga. seperti didalam kelas maupun saat pembelajaran lainnya kita menjadi mempunyai pikiran yang kritis dan mampu menguasai emosional. Sedangkan SMA mungkin pikiran kita hanya bersenang-senang saja karena masa-masa SMA adalah masa-masa yang paling indah namun, ada juga yang memiliki pikiran kritis tetapi itu tidak banyak.

10) Kedewasaan

Dengan seiringnya waktu kita akan ada difase ini. Kita akan memikirkan bagaimana masa depan kita. Semakin dewasa kita akan melakukan hal-hal yang produktif, yang menurut kita bermanfaat bagi diri kita dan banyak orang. Sedangkan SMA kita masih saja untuk mencari jati diri kita.

 

Suumber : https://www.kompasiana.com/ceritamilenial/5f4c9fe8097f363b064a6d02/10-perbedaan-pola-hidup-kuliah-dengan-sma